Pemanfaatan
media audio visual dalam pembelajaran
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah
“Komputer dan Media Pembelajaran”
Dosen
Pengampu :
Romadon, S.T, M.Pd
Disusun Oleh :
Kelompok V
1.
Dwi Reza Prakoso
2.
Ria Purwasi
3.
Rizki Ayu Fauziyyah
4.
Elfa Yustika Sari
PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH BANGKA
BELITUNG
2015/2016
Pemanfaatan
media audio visual dalam media pembelajaran
Audio
visual adalah suatu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses
kegiatan belajar mengajar. Audio visual merupakan media yang dapat digunakan
dalam kegiatan belajar mengajar dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan
secara bersamaan dalam satu kegiatan.contohnya seperti film, video, program TV,
dan lain-lain.
Ciri-ciri utama media pembelajaran audio visual, sebagai
berikut:
1.
Digunakan dengan cara yang telah
ditetapkan sebelumnya oleh pembuatnya
2.
Dikembangkan berdasarkan pada prinsip
psikologis behaviorisme dan kognitif
3.
Biasanaya bersifat sejalan dan dapat
disamakan
4.
Bersifat nyata dan tidak nyata
5.
Dapat dilihat dan bergerak
6.
Berpusat kepada guru sebagai agen yang
membuat siswa yang pasif dan berkemampuan rendah menjadi aktif
Disamping
menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak, materi
audio visual dapat digunakan untuk :
1.
Mengembangkan keterampilan mendengar dan
mengevaluasi apa yang telah didengarkan
2.
Mengatur dan mempersiapkan diskusi
3.
Menyiapkan variasi yang menarik mengenai
suatu pokok bahasan
Kelebihan
dan kelemahan media audio visual :
1.
Kelebihan :
·
Film dan video dapat melengkapi
pengalaman dasar siswa
·
Film dan video dapat menggambarkan suatu
proses dan dapat disaksikan secara berulang-ulang jika perlu
·
Di samping mendorong dan meningkatan
motivasi, film dan video dapat menanamkan sikap-sikap yang ada pada film dan
video tersebut
2.
Kelemahan :
·
Tidak semua siswa dapat memahami dan
mengikuti informasi yang ingin disampaikan melalui film tersebut
·
Film dan video yang tersedia tidak selalu
sesuai dengan kebutuhan
·
Film dan video tidak selalu sesuai
dengan tujuan belajar yang diinginkan
Macam-macam audio
visual dan pemanfaatannya :
1.
Audio visual murni, terdiri dari unsur
suara ataupun gambar berasal dari satu
sumber. Contoh :
a. Film
bersuara, seperti yang ditayangkan di bioskop
Ciri-ciri film yang baik :
·
Sesuai dengan tema pembelajaran yang ada
·
Dapat menarik minat peserta didik
·
Sesuai dengan tingkat kematangan peserta
didik
·
Pembendaharaan bahasa yang benar
·
Up to date dalam setting, pakaian, dan
lingkungan
Kelebihan
film :
·
Menggambarkan suatu proses
·
Menyampaikan suara seorang sekaligus
melihat penampilannya
Kelemahan
film :
·
Audiens tidak dapat mengikuti dengan
baik apabila film diputar terlalu cepat
·
Apa yang telah lewat sulit untuk diulang
·
Biaya pembuatan dan peralatannya cukup
tinggi dan mahal
b. Video
sebagai media audio visual yang menampilkan gerak. Pesan yang disampaikan dalam
video bisa berupa fakta (kejadian atau peristiwa penting, berita) maupun fiktif
(seperti cerita).
Kelebihan video :
·
Menhemat waktu dan rekaman dapat diputar
berulang-ulang
·
Ruanagn tidak perlu dibuat gelap untuk
menyaksikannya
·
kontrol sepenuhnya berada di tangan guru
kelemahan
video :
·
sifat komunikasi satu arah dan harus
diimbangi dengan umpan balik
·
memerlukan peralatan yang mahal dan
kompleks
c. Televisi
Televisi adalah media yang menyampaikan
media pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerak. Televise
tergolong media massa.
Kelebihan
televisi :
· Tv dapat meningkatkan pengetahuan dan
kemampuan guru dalam hal mengajar
·
Hampir setiap mata pelajaran bisa di TV
kan
· Dengan TV siswa tahu kejadian mutakhir,
melakukan kontak dengan orang-orang besar pada bidangnya, melihat dan
mendengarkan mereka berbicara
Kelemahan
televisi :
·
Sifat komunikasinya hanya satu arah
·
Program diluar kontrol guru
·
Jadwal siaran dan jadwal pelajaran
sering kali sulit untuk disesuaikan
2.
Audio visual tidak murni, yaitu unsur
suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Contoh : film
bingkai suara (unsur suaranya berasal dari tape recorder dan unsur gambarnya
berasal dari slides proyektor.
Kelebihan film bingkai :
· Kontrol sepenuhnya berada di tangan guru
· Program dibuat dalam waktu singkat
· Materi pelajaran yang sama dapat
disebarkan kesuluruh siswa secara serentak
Kelemahan
film bingkai :
·
Hanya mampu menyajikan objek secara diam
· Penggunaan program slide suara
memerlukan ruangan yang gelap, apabia tidak gelapmaka gambar yang diproyeksikan
kurang jelas
Dilihat dari daya
liputnya, media dibagi menjadi :
1.
Media dengan daya liput luas dan
serentak. Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat
menjangkau jumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama. Seperti :
radio, televisi, dan internet
2.
Media dengan daya liput terbatas oleh
ruang dan tempat. Media ini dalam penggunaanya membutuhkan ruang dan tempat
yang khusus. Contoh : film sound slides, film rangkai, yang harus mengunakan
tempat tertutup dan gelap.
3.
Media untuk pembelajaran individual.
Media ini penggunaannya hanya untuk diri sendiri atau seorang diri. Contoh :
modul berprogram dan pengajaran melalui komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar